Ilustrasi e-commerce enabler Indonesia

Jenis-Jenis Ecommerce dan Peran Ecommerce Enabler

Perdagangan secara online memberikan kemungkinan hasil yang memuaskan, meskipun dalam penjualannya anda tidak harus terlalu sering ke luar rumah. Hal ini menjadi sebuah peluang yang banyak dilirik oleh masyarakat Indonesia di zaman sekarang. Kemudian dengan adanya pelayanan e-commerce enabler Indonesia, bisnis bisa dilakukan dengan lebih mudah, efektif, dan efisien. Berikut jenis-jenisnya.

  1. E – Commerce B2B

Dilakukan oleh dua perusahaan atau organisasi yang memiliki tujuan untuk sama-sama menjalankan bisnis. Oleh karena itu disebut dengan B2B yang merupakan singkatan dari Business to Business. Selain itu, kedua belah pihak sama-sama mengetahui proses yang harus dilakukan dalam menjalankan bisnis yang ada.

Biasanya, jenis e-commerce B2B dilakukan secara berkelanjutan karena adanya kepercayaan antara kedua belah pihak, sehingga hal ini akan menguntungkan keduanya. 

Contoh sederhananya adalah adanya dua perusahaan yang hendak melakukan transaksi atau Kerjasama secara online, baik dalam pelaksanaannya maupun sistem pembayarannya. Tidak sedikit e-commerce enabler Indonesia yang memberikan layanan untuk hal ini.

  1. E – Commerce B2C

Berikutnya adalah E – Commerce business to Consumer, yang biasa disebut dengan B2C. Contoh sederhananya adalah transaksi antara seorang produsen atau distributor kepada konsumennya secara online. Si penjual akan menjualkan barangnya pada konsumen tanpa adanya feedback atau umpan balik konsumen untuk terus melanjutkan transaksi bisnis tersebut ketika sudah selesai.

Penyedia layanan Ecommerce Enabler cukup banyak mengambil peran dalam kesempatan ini, dengan membantu para penjualnya. Mulai dari pengelolaan toko online, customer service, bahkan sampai promosi, penyediaan katalog, dan pemasarannya. Pelayanan cukup lengkap hanya dengan menggunakan satu solusi.

  1. E – Commerce C2B

Setelah sebelumnya membahas tentang E – Commerce Business to Consumer, sekarang adalah kebalikannya yaitu E – Commerce Consumer to Business. Mungkin cukup sulit dibayangkan apabila hanya dilihat dari Namanya, tetapi hal ini cukup sering terjadi. Contoh sederhananya adalah seorang customer yang memesan barang secara detail kepada seorang penjual.

Dari sini, seorang penjual atau penyedia jasa akan mengetahui produk atau jenis pelayanan apa yang diinginkan oleh pelanggan tersebut, sehingga transaksi bisa lebih memuaskan antara kedua belah pihak. Penyedia layanan Ecommerce Enabler company yang menangani bahkan sampai pada tahap customer Service akan sangat membantu anda dalam melayani permasalahan seperti ini.

  1. E – Commerce C2C

Terakhir adalah pemasaran online yang dilakukan antara seorang customer dengan consumer lainnya, yang biasa disingkat E – Commerce C2C. Kejadiannya dalam lapangan sebenarnya cukup sederhana, seperti seorang customer yang puas dengan pemakaian sebuah produk dari brand tertentu, kemudian menyarankannya pada seseorang yang ia kenal.

Itulah ulasan tentang e-commerce enabler Indonesia dan peran ecommerce enabler dalam membantu toko atau brand memasarkan barangnya secara online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *