produsen baja ringan

Cara Membedakan Produk dari Produsen Baja Ringan Asli?

Mungkin Anda kesulitan membedakan baja ringan mulai dari mana yang paling kuat sampai mana yang terbaik. Hal ini dikarenakan jika dilihat secara kasat mata hampir tidak ada perbedaan. Padahal ketika diteliti dengan beberapa cara, ternyata ada perbedaan yang kentara. Berikut adalah beberapa cara membedakan produk dari produsen baja ringan asli.

Cek Standar SNI

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah apakah produsen tersebut memiliki sertifikat SNI atau tidak. Perusahaan baja ringan akan mendaftarkan setiap produknya untuk mendapatkan sertifikat ini. Dengan persyaratan sudah lulus standar SNI, berarti baja ringannya benar-benar asli dari produsen yang terpercaya. Apalagi dengan menggunakan baja ringan bersertifikat SNI akan mengurangi resiko ambruk atau rusak dalam jangka waktu pendek. 

Cek Garansi

Cara selanjutnya adalah tanyakan garansinya, apalagi jika Anda ingin membeli dalam partai besar kepada produsen baja ringan. Hal ini selain untuk menghindari kerusakan sebelum waktunya, juga untuk membuktikan produk ini asli dan  bisa dipertanggungjawabkan. Jangan malu untuk mencoba bertanya ke toko apakah ada garansinya atau tidak.kenapa harus meminta garansi? Hal ini juga untuk memudahkan Anda saat nantinya ada kerusakan saat pemasangan masih bisa klaim garansi.

Cek Tegangan Tarikan

Cara selanjutnya lebih ke kualitas baja ringan yang diproduksi.  Kualitas tersebut bisa di cek melalui tegangan tarikannya. Baja ringan dengan proses produksi terbaik akan memberikan standar tarikan tegangan minimal 500 Mpa. Semakin tinggi tegangan tersebut berarti produknya juga semakin kuat dan semakin bagus. Tetapi kembali lagi standar tegangan tarikan ini harus disesuaikan dengan kebutuhan. Kualitas tegangan tarikan tertinggi adalah 980 Mpa.

Pilih Baja Ringan Prefabrikasi

Produsen biasanya ada yang mengeluarkan produk baja dalam bentuk potongan terpisah dan harganya juga lebih murah. Tetapi ada baiknya jika Anda memilih produk yang sudah prefabrikasi. Hal ini selain kualitasnya lebih bagus, juga pemasangan lebih mudah. prefabrikasi sendiri adalah metode pemasangan baja ringan yang sudah sudah dipotong dengan pemotongan khusus dari pabrik. Pemasangan baja ringan prefabrikasi dinilai lebih efisien dan lebih cepat.

Cek Bracing Baja Ringan

Bracing ini sifatnya sangat vital untuk menentukan kualitas dari baja ringan. Jadi disini Anda akan bisa menilai baja ringan tersebut bagus dan asli atau tidak.  Meskipun kuat, baja ringan bobotnya lebih enteng dibanding dengan baja yang masih konvensional. Jadi nantinya baja ringan ini butuh penyangga atau bracing  yang tepat. Jadi produsen pasti menyediakan bracing yang tepat pada setiap produknya. Jadi Anda tidak perlu ragu untuk langsung menanyakan mengenai bracing  dari produk saat akan membeli.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk menyaring antara produk yang asli dan palsu atau tidak berkualitas dari produsen baja ringan. Jangan sampai membeli yang palsu karena kualitas dan keamanan bangunan sangat bergantung pada baja ringan yang bagus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *