Ilustrasi genteng pasir

Atap Multiroof Kekurangan dan Kelebihannya

Ada berbagai jenis material yang dapat dimanfaatkan sebagai atap atau genteng hunian. Namun, beberapa di antaranya dapat dikatakan sudah tidak sesuai dengan zaman serta banyak tergantikan oleh bahan lainnya yang lebih modern. Salah satu yang menjadi terobosan baru dan sedang naik daun sekarang yaitu atap multiroof pasir

Pastinya atap jenis ini punya banyak keunggulan yang menambah tingkat kenyamanan saat tinggal di dalam rumah. Namun, selain keunggulan genteng multiroof, ada juga sejumlah kelemahan yang perlu diketahui. Maka dari itu, di bawah ini pembahasan lengkapnya. 

Sejumlah Keunggulan Atap Rumah Multiroof

Seperti yang telah disebutkan di atas jika atap multiroof pasir mempunyai banyak kelebihan, berikut beberapa di antaranya:

  • Tahan Lama dan Minim Perawatan

Selain mempunyai sifat yang anti karat, genteng multiroof pun punya sifat anti jamur dan anti lumut. Hal tersebut bisa meminimalisir dalam hal biaya perawatannya nanti. Selain itu, karena dibuat dari bahan galvalum atau baja ringan, genteng multiroof dapat semakin kokoh serta tahan lama. Bahkan atap ini dapat dipakai sampai bertahun-tahun serta tak perlu untuk diganti dalam jangka waktu yang pendek atau dekat. Secara tak langsung pun akan lebih menghemat pengeluaran atau biaya. 

  • Mempunyai Bobot yang Ringan

Kelebihan yang lain dari atap multiroof pasir terletak di bobotnya yang bisa dikatakan sangat ringan. Dengan demikian, maka bobot atap ini nantinya tak akan terlalu membebani struktur bangunan secara menyeluruh. 

Atap dengan bobot ringan seperti ini pun direkomendasikan sekali untuk dipakai pada berbagai jenis bangunan rumah atau hunian yang terletak di wilayah atau daerah yang rawan terjadi gempa. 

  • Proses Pemasangan yang Mudah

Karena mempunyai bobot yang ringan sekali dan tipis, atao ini mudah sekali untuk dipasang pada bangunan rumah. Proses pemasangan atap pun dapat dilakukan dengan cepat dan tak memakan waktu yang banyak. Bahkan Anda dapat lakukan pemasangan sendiri tanpa harus mempekerjakan tukang. 

  • Ramah Terhadap Lingkungan

Sampah di muka bumi ini kian lama kian banyak dan menumpuk sehingga menjadi kekhawatiran yang tersendiri untuk manusia.

Sekarang sudah hadir genteng multiroof yang dapat untuk didaur ulang sebagai solusi yang tepat dan memiliki daya tarik tersendiri untuk masyarakat, apalagi yang berorientasi di lingkungan. 

Sejumlah Kelemahan Atap Multiroof

Genteng multiroof meski banyak kelebihannya, tapi juga punya beberapa kelemahan. Namun, kelemahan-kelemahan ini tak perlu untuk membuat Anda khawatir. 

  • Bising di saat-saat yang tertentu karena terbuat dari bahan metal dan cukup tipis permukaannya, sehingga saat hujan lebat atau ekstrim lebih berisiko untuk keluarkan kebisingan.
  • Risiko terkena korosi
  • Rentan pengelupasan.
  • Warna yang rentan untuk memudar. 

Demikian kelebihan dan kelemahan dari atap multiroof pasir yang bisa menjadi bahan pertimbangan dalam menggunakannya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *