Ilustrasi genteng pasir

Walaupun Tampak Menarik, Ketahui Kelebihan dan Kekurangan dari Genteng Pasir

Genteng metal pasir adalah sebuah material yang digunakan sebagai penutup atap dengan bahan dari metal maupun logam. Jenis genteng satu ini berbeda dari genteng lain karena terdapat lapisan kasar yang tampak berpasir.

Selain itu, ganteng satu ini berbahan dari baja galvalume az 100, lalu zincalume, zinc phospat, serta campuran dari coraltex. Dan campuran dari coraltex di genteng inilah yang membuat permukaannya tampak seperti berpasir. Lalu fungsi lain dari lapisan berpasir satu ini adalah bisa menahan sinar matahari supaya tidak masuk dalam rumah.

Nah, selain beberapa fungsi diatas, genteng pasir mempunyai kelebihan dan kekurangannya sendiri, seperti berikut ini,

Kelebihan dari Genteng Pasir

Beberapa kelebihan genteng pasir untuk bagunana rumah anda yaitu,

  1. Genteng yang Lebih Anti Karat

Kelebihan pertama yang disukai orang dari genteng ini adalah tidak mudah berkarat juga lebih tahan akan pengikisan kimia. Hal ini karena genteng pasir terkandung seng, alumunium, serta lapisan anti karat.

  1. Lebih Ramah Lingkungan dan Mudah Dirawat

Melihat dari jenis materialnya, genteng pasir ini dikatakan sebagai jenis yang lebih ramah lingkungan. Selain itu saat perawatannya juga anda tidak memerlukan biaya mahal serta caranya pun mudah.

  1. Sulit Terbakar

Tentunya genteng pasir ini bisa memberi perlindungan berlebih kepada anda, terutama ketika terdapat sambaran petir maupun kebakaran di area rumah.

Hal ini karena bahan dari genteng yang juga mempunyai sifat sulit terbakar serta tidak bisa menghantarkan api.

  1. Dapat Meredam Suara Keras

Jika anda sering terganggu akan suara bising dan keras karena hujan, anda bisa memakai genteng pasir ini. Karena genteng pasir mempunyai bahan yang bisa meredam suara keras tersebut.

  1. Tahan dan Sulit Terlepas

Genteng ini tentunya akan dipasang dengan kunci khusus supaya tahan dan tidak dapat dengan mudah terlepas. Hal ini tentu akan sangat bagus bagi rumah anda yang sering terjadi angin kencang, selain itu ketika diinjak genteng ini juga tidak mudah untuk bergeser.

Kekurangan dari Genteng Pasir

Sedangkan beberapa kekurangan dari digunakannya genteng pasir ini yaitu, 

  1. Lebih Rentan akan Tekanan

Walaupun disebutkan sudah mempunyai kekuatan yang bagus, tapi genteng jenis ini tidak terlalu tahan akan tekanan. Mengingat tebal dari genteng pasir hanya sekitar 0,22 mm sampai dengan 0,40 mm, jadi mudah rusak jika sering anda injak.

  1. Daya Meredam Panas yang Rendah

Walaupun dikatakan bisa meredam suara keras, kemampuan genteng ini meredam panas dari luar hanya sekitar 70 persen saja. Maka dari itu ada baiknya anda menggunakan ventilasi yang tepat didalam rumah supaya tidak terasa panas.

  1. Warna Genteng yang Mudah Terkelupas

Walaupun memang mempunyai beragam warna serta model, warna dari genteng pasir ini cukup mudah untuk terkelupas. Jadi anda perlu hati-hati ketika memasangnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *