sekolah unggulan balikpapan

Beberapa Indikator untuk Sekolah Favorit

Berbicara tentang sekolah, tentu di benak kita adalah lingkungan belajar serta cara sekolah yang seru dan efektif. Tumbuh kembang anak dari masa kanak-kanak hingga menginjak masa remaja banyak dihabiskan di sekolah. Maka tidak heran jika sekolah menjadi sarana yang sangat penting dalam mendukung tumbuh dan berkembangnya anak dalam suatu lingkungan.  Ada beberapa indikator yang sebaiknya anda jadikan acuan sebagai orang tua untuk menentukan sekolah yang anak anda akan masuki adalah sekolah unggulan atau tidak, diantaranya:

  1. Sarana dan prasarana atau fasilitas yang memadai

Indikator yang paling menonjol dan yang paling terlihat bentuk fisiknya adalah fasilitas, sarana dan prasarana. Sekolah unggulan pada umumnya tentu akan memiliki fasilitas yang memadai, fungsi dari fasilitas sarana dan prasarana ini adalah untuk menunjang optimalisasi dari proses belajar siswa disekolah. Secara umum fasilitas ini juga mencakup ruang kelas, sarana olahraga, laboratorium, ruang ibadah, perpustakaan, hingga peralatan kecil lainnya yang ada di sekolah.

  1. Kualitas dan klasifikasi tenaga pengajar atau guru

Tenaga pengajar atau guru merupakan sumber individu yang akan memberi transfer ilmu kepada siswa dalam proses belajar. Sangat penting bagi tenaga pendidik atau guru memiliki klasifikasi yang baik, cekatan dan menguasai semua teori bidang pembelajaran sesuai jurusannya. Guru atau tenaga pengajar juga harus mampu open knowledge dalam berbagi ilmu kepada siswa agar mata pelajaran yang diterangkan dapat diserap dengan baik.

  1. Klasifikasi alumni atau kualitas lulusan

Indikator yang satu ini menjadi salah satu indikator juga yang digunakan oleh beberapa lembaga survei untuk menentukan layak atau tidak, unggul atau tidak, bagus atau tidaknya sebuah sekolah. Hal ini dikarenakan sekolah yang baik memiliki siswa juga pasti memiliki prestasi yang baik. Siswa lulusan dari sekolah unggulan atau favorit biasanya akan mampu bersaing dengan baik di luar sekolah mereka, entah itu dengan masuk ke sekolah jenjang selanjutnya dengan akreditasi baik, atau melanjutkan sekolah ke universitas negeri, swasta dan mancanegara yang ternama.

Sebagai contoh sekolah favorit di Kalimantan Timur misalnya SMAN 1 Balikpapan siswanya mendapat nilai terbaik UTBK pada tahun 2021. Ini menunjukkan bahwa kualitas siswa atau alumni dari sekolah ini menjadi salah satu putra/putri berprestasi. Dan bisa dijadikan indikator dengan sekolah yang memiliki lulusan atau alumni yang berkualitas.

  1. Kurikulum yang digunakan dan lingkungan yang kondusif

Kurikulum digunakan sebagai standar untuk menjalankan silabus suatu sekolah yang ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Republik Indonesia, jadi sangat penting bagi sekolah favorit atau unggulan untuk dapat mengikuti standar nasional terutama dalam kurikulum terbaru. Kemudian lingkungan yang kondusif merupakan saran yang harus dimiliki sekolah unggulan atau favorit, kenyamanan dalam proses belajar akan mendukung siswa untuk produktif dan lebih bersemangat dalam menuntut ilmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *