ingin membayar barang di ecommerce

Ketahui Pengertian dari Software ERP Untuk Bisnis Anda

Integrasi ecommerce dengan erp ini bisa membantu banyak pebisnis untuk tingkatkan produktivitas, membantu dalam mempertahankan banyak konsumen, dan meningkatkan pendapatan anda. Hal satu ini tentu bisa menjadi hal baik di tengah makin besarnya tekanan pada bisnis kecil serta menengah. 

Tapi sebelum mulai pembahasan mengenai pengaruh integrasi di antara software ERP serta sistem ecommerce satu ini, ada baiknya jika anda sebagai pebisnis tahu lebih dalam mengenai apa itu software ERP, ada berapa jenisnya, dan apa saja hubungannya dengan e commerce.

Pengertian dari Software ERP

Singkatnya, software ERP atau kepanjangannya adalah Enterprise Resources Planning adalah sebuah software yang dipakai pada tiap perusahaan untuk membantu mengelola aktivitas operasional pada bisnis yang anda jalankan.

Pada awalnya software ERP ini lebih banyak dipakai pada perusahaan berskala besar saha, tetapi sekarang ERP juga mulai populer pada kalangan UKM.

Sistem ini nantinya bisa membantu memfasilitasi bisnis dengan memberi berbagai informasi secara langsung, dengan begitu para pebisnis bisa dengan mudah untuk membuat keputusan dengan baik berdasar data yang sudah dihasilkan dari software tersebut.

Jenis-Jenis dari Software ERP 

Ada berapa jenis software untuk integrasi ecommerce dengan erp yang bisa dijumpai di pasaran. Dan beberapa jenis tersebut diantaranya dibawah ini,

1.Jenis Cloud ERP 

Software ERP pertama adalah yang berbasis cloud, software berbasis cloud ini disebut sebagai jenis yang dapat memungkinkan perusahaan anda dalam mengelola data dengan terpusat, yang penting sudah tersambung jaringan internet. 

Biaya yang dibutuhkan juga lebih rendah daripada software ERP konvensional. Tapi tiap bulannya perusahaan wajib membayar biaya bulanan selama anda menggunakan sistem satu ini.

Software ERP jenis ini juga cukup populer di antara bisnis kecil serta menengah. Dan kelebihan yang biasa ditawarkan adalah pembaharuan serta peningkatan sistem yang secara berkala, mobilitas bertingkat tinggi, dan deployment yang lebih cepat.

  1. Jenis On-Premise ERP

Software ERP jenis ini dikatakan dengan ERP konvensional atau ERP ditempat. Investasi dari on-premise ERP ini dikatakan cukup mahal karena perusahaan anda haruslah membeli perangkat keras misalnya server yang akan dipakai dalam menjalankan sistemnya.

Walau memang anda butuh mengeluarkan biaya yang cukup tinggi, software dengan jenis ini sangat diminati dikarenakan sangat dapat memudahkan anda dalam menangani data sendiri serta bisa meningkatkan keamanan yang lebih terjaga.

  1. Jenis Hybrid ERP

Jenis software ERP yang terakhir ini adalah kombinasi dari ERP konvensional serta Cloud ERP.  Fungsi dari jenis ini adalah bisa meningkatkan ERP konvensional tanpa perlu merubahnya.

Hubungan dari Software ERP serta E-Commerce

E-commerce adalah sebuah aktivitas perdagangan yang akan memanfaatkan sebuah sistem elektronik, misalnya jaringan internet.

Pada ecommerce, ada berbagai proses transaksi elektrik untuk membantu transfer data, pertukaran data, sistem pengolahan serta inventori yang semua prosesnya akan dilakukan dengan jaringan pada komputer.

Melihat dari pengertian ecommerce diatas, integrasi ecommerce dengan erp ini sangat dibutuhkan agar bisa meningkatkan dan membantu mengelola semua aktivitas ecommerce dari mengelola informasi yang ada, memanajemen pemesanan barang, memanajemen persediaan barang, mengelola akuntansi, dan yang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *