ilustrasi besi

Jenis dan Tips Memilih Besi Plat Strip

Penggunaan plat besi strip sudah sangat umum.  Untuk menemukannya juga sangatlah mudah karena memang di pasaran sudah dijual secara bebas. 

Kenali Jenis Besi Plat Strip

Plat besi strip memang sudah digunakan. Hal ini karena memang jika dilihat dari segi kelebihan dan manfaatnya terbilang banyak.  Sehingga sangat wajar jika jumlah penggunanya juga terbilang banyak. 

Namun perlu diketahui bahwa jenis besi jenis plat strip ini sangatlah banyak.  Sehingga dalam penggunaannya pun sangat beragam. Berikut ini adalah beberapa jenis besi plat yang perlu diketahui. 

  • Plat Hitam

Besi plat hitam umumnya digunakan untuk penguat. Untuk penerapannya biasa digunakan seperti sebagai material untuk proses pembuatan tangki dan masih banyak lagi.

Untuk ukurannya sendiri bisa dikatakan mirip dengan triplek seperti ukuran 122 cm x 244 cm, serta dengan ketebalan 1,2 mm sampai 200 mm.

  • Plat kapal

Sesuai dengan namanya, besi plat kapal ini umumnya digunakan untuk pembuatan bermacam instalasi pada kapal. Mengingat kelebihannya yang kokoh dan anti karat sehingga lebih awet digunakan jangka panjang. 

Mengenai ukurannya sendiri,  yaitu memiliki panjang 6.000 mm dan lebar  1.500 mm serta 1.800 mm. 

  • Plat Strip

Jenis plat strip biasa dimanfaatkan untuk membuat besi teralis baik itu pintu maupun jendela.  Selain itu juga digunakan untuk pembuatan pagar karena lebih mudah dibentuk oleh tukang las. 

Ukuran dari besi jenis ini adalah panjang 6m dengan lebar antara 19mm – 200mm. Ketebalannya juga bervariasi yaitu antara 3mm – 12mm. 

  • Plat Kembang

Plat kembang umumnya digunakan sebagai alas tangga ataupun lantai berbagai jenis mobil seperti mobil damkar, bus maupun kereta. Alasannya adalah untuk mencegah licin agar penumpang tidak mudah terpeleset. 

Ciri khas dari plat kembang ini adalah teksturnya yang menyerupai kembang atau bunga. Ukuran ukurannya sendiri adalah 1,2 meter x 2,4meter. Sedangkan untuk ketebalannya adalah bervariasi. 

  • Plat Bordes

Plat bordes digunakan sebagai pembatas pada area anak tangga yang datar.  Namun untuk penggunaannya sendiri umumnya hanya akan diterapkan pada anak tangga yang memiliki jumlah lebih dari 12 dan bisa digunakan untuk area indoor maupun outdoor. 

Dari beberapa jenis diatas bisa dikatakan bahwa jenisnya sangatlah banyak sehingga bisa dipilih sesuai dengan penggunaan dan kebutuhannya. 

Tips Memilih Besi Plat Strip

Bagi anda yang berencana ingin menggunakan plat besi strip maka perlu menyimak beberapa tips berikut. 

  • Kenali Fungsinya

Sebelum memutuskan untuk membeli besi berjenis plat strip maka anda harus mengenali fungsinya lebih dulu.  Jenis besi plat sangatlah banyak dan masing – masing memiliki kegunaan yang berbeda.  Sehingga pastikan anda sudah memilih jenis besi yang tepat. 

  • Sesuaikan Dengan Kebutuhan

Jika sudah mengenai jenis dan kegunaannya,  maka selanjutnya adalah menyesuaikan dengan kebutuhan.  Pilihlah jenis yang tepat agar dalam penerapannya bisa bekerja secara maksimal. 

  • Mintalah Saran

Jika pengetahuan anda tentang besi plat minim,  maka mintalah saran kepada pihak yang mengerti akan hal ini.  Sebagai contoh adalah bertanya kepada penjual karena biasanya mereka sudah memiliki pengetahuan yang cukup untuk menjelaskan masing – masing spesifikasinya.

  • Membeli Ditempat yang Tepat

Tipa terakhir yaitu membeli ditempat yang terpercaya agar anda bisa mendapatkan besi dengan kualitas yang terbaik. 

Itu tadi beberapa penjelasan mengenai plat besi strip semoga informasi yang disampaikan bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *