Ilustrasi menghitung kredit

Lengkapi Dokumen Berikut Sebelum Mengajukan Pinjaman agunan sertifikat rumah

Memiliki sertifikat hak milik atau shm adalah salah satu keuntungan bagi banyak orang. hal tersebut tentu memiliki alasan,  karena dengan memiliki sebuah shm, anda sebagai seorang pemilik memiliki keleluasaan dalam penggunaannya.

Selain itu, harga tanah dan bangunan yang semakin naik setiap tahunnya menjadikan kepemilikan shm adalah suatu aset yang bisa digunakan sewaktu-waktu membutuhkan.

Salah satu hal yang biasanya dilakukan oleh para pemilik shm adalah dengan menggadaikannya apabila membutuhkan dana untuk usaha atau keperluan lainnya.

Syarat Dokumen Pinjaman agunan sertifikat rumah

Namun, perlu anda ketahui jika ingin mengajukan pinjaman agunan sertifikat rumah, terdapat beberapa dokumen yang harus anda siapkan terlebih dahulu.

  1. Fotokopi KTP, syarat pertama adalah fotokopi KTP, dokumen ini merupakan syarat wajib yang harus dilampirkan karena sebagai bukti bahwa anda adalah warga negara Indonesia.
  2. Fotokopi Kartu Keluarga, berikutnya adalah Kartu keluarga atau KK, memiliki fungsi apakah anda sudah menikah atau belum. Apabila anda sudah menikah, syarat KTP yang harus dipenuhi adalah KTP suami istri.
  3. Surat Nikah, sama seperti KK, apabila anda sudah menikah, anda wajib melampirkan dokumen ini apabila mengajukan pinjaman agunan sertifikat rumah.
  4. NPWP, dokumen ini wajib anda lampirkan apabila anda seorang pengusaha atau wiraswasta.
  5. Slip gaji terakhir dari salah satu yang tertera dalam surat pemohon, baik suami maupun istri.
  6. Fotokopi rekening koran, atau rekening tabungan.
  7. Surat keterangan kerja asli, apabila anda seorang pegawai.
  8. Surat ijin praktek juga wajib anda lampirkan apabila anda seorang praktisi.
  9. Bagi wiraswasta, fotokopi surat ijin usaha wajib anda lampirkan.
  10. Paps foto suami istri
  11. Fotokopi dokumen jaminan dan bukti pelunasan PBB
  12. Fotokopi laporan keuangan terakhir

Pinjaman agunan sertifikat rumah Di Bank

salah satu tempat yang bisa anda ajukan pinjaman agunan sertifikat rumah adalah bank. Dengan melengkapi semua dokumen yang sudah disebutkan di atas, bank merupakan salah satu tempat terbaik dalam mengajukan pinjaman agunan sertifikat rumah.

Bank dikatakan sebagai tempat terbaik, karena jaminan keamanan dokumen yang anda serahkan saat mengajukan pinjaman agunan sertifikat rumah sudah berada di bawah hukum yang berlaku, sehingga anda tidak lagi perlu cemas apabila terjadi hal yang tidak diinginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *