Ilustrasi menghitung kredit

Kalkulator Kredit : Solusi Keuangan Anda Supaya Tidak Berantakan

Adanya simulasi kredit dengan kalkulator kredit bisa memberikan gambaran yang berkaitan dengan berapa jumlah cicilan yang nanti harus Anda bayarkan pada setiap periodenya, menyesuaikan dengan ketentuan suku bunga dan juga masa tenornya. Kali ini kita akan mencari tahu bagaimana simulasi kalkulator kredit bisa membantu dalam keuangan Anda agar tidak berantakan. 

Pentingnya Melakukan Simulasi Kredit

Pada zaman yang semuanya sudah serba instan seperti sekarang ini untuk melakukan simulasi kredit memang begitu mudah dilakukan dan tidak akan membuat Anda merepotkan. Simulasi kalkulator kredit investasi bisa diberikan keuntungan yang akan semakin dapat membantu Anda untuk membandingkan dari segi kemampuan secara finansial yang dimiliki dengan besaran cicilan yang akan diterima untuk setiap bulannya. 

Apa itu simulasi kalkulator kredit ?  

Simulasi kredit adalah sebuah kalkulasi yang akan memberikan gambaran berkaitan dengan seberapa jumlah cicilan pada sebuah pembayaran. Pastinya dengan melakukan simulasi kredit lewat aplikasi maupun situs yang berbeda akan mempunyai isi yang cukup berbeda tetapi menggunakan skema perhitungan yang sama. 

Simulasi Kredit Menggunakan Kalkulator Kredit

Sekarang ini sudah banyak aplikasi yang disediakan untuk membantu Anda untuk melakukan simulasi kalkulator kredit. Selain lebih mudah dan begitu praktis pastinya akan semakin memudahkan Anda dalam untuk mengambil sebuah keputusan kredit yang sesuai dengan kepentingan. 

Jika ingin menggunakan aplikasi kalkulator kredit maka tinggal melakukan download selanjutnya hanya harus membuka widget di kalkulator kredit maka akan muncul berupa tampilan. Berikutnya Anda tinggal memilih jenis pinjaman yang diinginkan, lengkapi dari pokok pinjaman, bunga pinjaman dan jangka waktunya. Lalu klik “Hitung “ dan simulasi Anda akan muncul secara otomatis. 

Istilah yang Terdapat Pada Kredit

Bukan hanya suku bunga dan bagaimana cara melakukan perhitungannya, ternyata ada banyak istilah yang lainnya dan akan muncul. 

Cap atau Ceiling

Merupakan suku bunga yang akan sering mengalami perubahan layaknya suku bunga yang mengambang tetapi mempunyai batasan yang maksimum pada pihak bank agar nantinya tidak terlalu tinggi. Misalnya KPR dengan bunga cap 5% untuk periode 3 tahun sehingga dalam kurun waktu 3 tahun itu suku bunga bisa naik turun tetapi tidak akan jauh dari 5%.

Biasanya di pihak banknya sendiri akan melakukan beberapa kombinasi di antara suku bunga tetap, suku bunga cap, atau suku bunga mengambang. Pihak bank akan memberikan penawaran suku bunga tetap di awal, lalu akan dilanjutkan ke dalam suku bunga cap dalam beberapa tahun. Nantinya pada sisanya akan dibebankan suku bunga yang mengambang. 

Pit atau Floor

Suku bunga yang akan berubah-ubah selayaknya di suku bunga yang mengambang tetapi akan mempunyai batasan minimum dari pihak banknya sendiri agar tidak terlalu rendah. Misalnya sebuah KPR yang mempunyai bunga pit 5% untuk waktu 3 tahun sehingga dalam kurun waktu 3 tahun itu suku bunga bisa naik dan turun tetapi tidak akan kurang dari 5% tersebut. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *