Ilustrasi customer service ecommerce

Ini Dia Tips Menjadi Customer Service E-Commerce Yang Wajib Anda Ketahui

E-commerce adalah salah suatu bidang yang paling diminati saat ini. Salah satu kunci keberhasilan perusahaan e-commerce adalah kemampuannya secara konsisten dalam memberikan pelayanan  yang baik  kepada pelanggannya.  Seperti halnya dalam berbisnis maka harus berfokus pada pelanggan untuk memenuhi harapan dan keinginan mereka. 

UntukĀ  mencapai hal ini, customer service ecommerce memainkan peran yang sangat pentingĀ  sebagai salah satu strategi e-commerce. Berikut penjelasan lengkapnya:

  1. Tetapkan strategi banyak channel

 Sebuah perusahaan atau bisnis yang menggabungkan cara berbelanja yang berbeda untuk konsumen memiliki  retensi pelanggan yang baik. Saat mengembangkan strategi ini, Anda perlu memahami dimana biasanya pelanggan Anda paling sering berinteraksi, seperti: Facebook, Instagram, WhatsApp, live chat, atau saluran online lainnya.  Anda harus fokus pada konsistensi  yang Anda berikan melalui customer service ecommerce. Sebagai pemilik  bisnis e-commerce, Anda perlu memberikan layanan  pelanggan agar pelanggan merasa puas dan  positif dengan produk yang mereka jual. 

  1. Pastikan pelanggan tidak perlu mengulang pertanyaan atau informasi

Salah satu hal yang paling membuat kesal saat menghubungi customer service adalah  menunggu keluhan ditangani atau mengulangi informasi yang sama. Hal ini bisa membuat kesal dan membuang-buang waktu bagi kedua belah pihak. Memastikan bahwa pelanggan tidak perlu mengulangi complain atau informasi untuk mendapatkan tanggapan merupakan aspek penting dari layanan pelanggan yang baik. 

Hal ini akan membuat admin lebih cepat dan tanggap dalam menanggapi beragam keluhan yang disampaikan. Oleh karena itu, Anda harus membuat informasi yang disampaikan seefektif mungkin. Dengan pertanyaan atau keluhan yang cukup disampaikan sekali saja. 

  1. Mengukur kepuasan pelanggan

 Untuk meningkatkan sesuatu, e-commerce Anda harus memiliki tolok ukur. Mengukur kepuasan pelanggan dapat membantu menentukan apakah interaksi dengan pelanggan memuaskan. Ada banyak metode berbeda yang dapat diterapkan, dengan kelebihan dan kekurangannya sendiri. Ulasan pelanggan dapat membantu Anda lebih memahami dukungan pelanggan mana yang berkinerja baik dan mana yang tidak. 

  1. Memposting informasi penting di Internet 

Terkadang situasi yang membuat frustasi dan sering terjadi ketika Anda ingin membeli sesuatu secara online adalah Anda tidak dapat menemukan informasi yang dibutuhkan. Untuk menghindari situasi ini, pastikan situs web/toko online Anda memiliki bagian  pengetahuan umum dengan pertanyaan yang sering diajukan (FAQ). Melalui informasi yang relevan untuk menjawab pertanyaan pelanggan Anda.

Seperti hal nya menemukan informasi tentang penukaran atau pengembalian produk. Pengetahuan umum tentang produk atau layanan situs web e-commerce tidak hanya dapat mengurangi antrian layanan pelanggan, tetapi juga efektif untuk SEO (Search Engine Optimization) situs web/toko online Anda. Saat bekerja dengan customer, bangun customer service ecommerce yang solid untuk perusahaan, sehingga bisa meningkatkan pendapatan usaha yang dibangun.

Demikian penjelasan mengenai tips menjadi customer service ecommerce yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan penjualan pada bisnis Anda. Semoga penjelasan diatas bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *